< Back 

Memainkan Game di iPhone X Memakai Alis

Jumat, 09 Maret 2018

Hi Erafoners - Ada yang unik saat memainkan mobile game yang satu ini di iPhone X. Bermain mobile game di smartphone sudah menjadi hal yang biasa dan menjadi rutinitas sehari - hari. Tetapi kalau kamu bermain game sekaligus melakukan senam muka, kayaknya ini adalah hal baru yang layak untuk dicoba nih.

Beberapa waktu yang lalu, Nathan Gitter, sarjana jurusan ilmu komputer asal Universitas Washington baru saja menciptakan game smartphone unik dengan judul "RAINBROW". Game ini masuk kedalam kategori permainan arcade, karena mengasah dan membutuhkan ketangkasan fisik saat memainkannya.

Tidak seperti game arcade smartphone lainnya yang dimainkan dengan cara menggerakan atau membutuhkan sentuhan jari tangan, mobile game Rainbrow ini mengharuskan penggunanya untuk menggerakan alis dan ekspresi wajah untuk dapat melakukan permainan.

Cara memainkan permainan ini cukup sederhana. Pemain hanya perlu mengumpulkan skor sebanyak mungkin dengan menangkap atau mengumpulkan bintang menggunakan emoji. Bintang - bintang yang harus ditangkap ini akan terus bergerak dan berpindah secara acak ke atas dan ke bawah sehingga mengharuskan pemain untuk terus memindahkan emoji tersebut.  

Untuk dapat menggerakkan emoji ke atas, pemain harus menaikkan alis dan membuat ekspresi wajah terkejut, seperti ekspresi yang ditampilkan emoji. Sedangkan untuk melakukan gerakan ke bawah, pengguna harus membuat ekspresi wajah cemberut. Jika tidak ingin membuat pergerakan atau tetap diam di tempat, pengguna harus membuat ekspresi wajah datar. Semua yang ekspresi yang digunakan mengikuti ekspresi yang ada pada emoji yang banyak digunakan.

Tapi tentu saja permainan tersebut tidak akan berlangsung semudah itu. Dalam setiap permainan, pengguna harus menghindari emoji-emoji lainnya, seperti mobil, awan, bola basket dan bebek. Semakin lama game ini berlangsung, maka permainan akan semakin sulit, sebab ikon pengganggu akan bergerak lebih cepat dari sebelumnya. Di sinilah letak tantangan dari permainan Rainbrow ini.
 
Sayangnya, game Rainbrow ini baru dapat dimainkan melalui perangkat yang ada di iPhone X. Sebab, game ini dibuat dengan mengadopsi teknologi ARKit yang dapat mendeteksi posisi, topologi, serta ekspresi wajah secara real time. Teknologi ini tergolong baru dan hanya dapat bekerja di sistem IOS 11 yang dimiliki oleh iPhone X itu sendiri.

Saat ini game Rainbrow ini dapat di-download di Apps Store secara gratis, walau begitu Gitter sebagai pencipta game ini berencana untuk menambahkan versi berbayar untuk pembaharuan game ini ke depannya. Dalam versi berbayar nantinya, Gitter akan memberi tambahan emoji baru agar pengalaman bermain bisa dirasakan lebih kompleks.


Bukan hanya Gitter yang menciptakan game Rainbrow-nya yang mengembangkan game dengan tipe ini, tetapi ada juga developer lainnya, yakni Lucky Kat Studio yang memanfaatkan teknologi ARKit. Game besutan dari developer Lucky Kat Studio ini bernama Wacky Face. Namun, ekspresi permainan ini sedikit berbeda dengan Rainbrow. Jika Rainbrow memfokuskan deteksi ekspresi melalui gerakan alis wajah, maka Wacky Face lebih fokus pada gerakan indera - indera lainnya, yaitu mata, hidung dan mulut. Game Wacky Face ini dirilis pada 20 Desember 2017 lalu. Tapi saat ini, pengguna dapat melakukan pememesan secara pre-order melalui Apps Store.


< Back 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.