< Back 

Mengenal Jenis - Jenis Pelindung pada Layar Ponsel

Rabu, 07 Maret 2018

Hi Erafoners - Layar merupakan bagian paling vital pada sebuah smartphone. Bayangkan saja kalau layar smartphone yang kamu gunakan itu rusak, sudah bisa dipastikan kamu tidak akan bisa mengoperasikan smartphone. Ya, kalaupun bisa pasti tidak akan nyamankan menggunakannya. Maka dari itu, para produsen ponsel harus memutar otak agar ponsel buatannya mempunyai pelindung layar ponsel yang baik. Ini semua supaya ponsel yang dikeluarkannya mempunyai kekuatan layar yang lebih kuat. Berikut ini adalah jenis-jenis layar ponsel yang banyak digunakan produsen untuk melindungi ponsel yang mereka ciptakan.

 

1. Oleophobic Coating

Lapisan layar yang satu ini memang namanya masih kurang terkenal dibandingkan dengan pelindung-pelindung layar ponsel dengan nama lainnya. Oleophobic sendiri memiliki kelebihan untuk melindungi layar dari goresan kecil. Pelindung layar ponsel jenis ini juga mempunyai lapisan yang mampu menangkal kotoran dan bekas sidik jari yang biasanya menempel pada layar.  Jadi, layar ponsel yang kamu gunakan tidak akan mudah kotor dan sidik jari mu tidak menempel pada layar.

 

2. Scratch-Resistant Glass

Sesuai dengan namanya, Scratch Resistant Glass merupakan tipe pelindung layar ponsel yang dapat melindungi layar dari goresan. Namun, pelindung layar ini hanya mampu melindungi layar smartphone dari goresan kecil saja. Jadi, sangat disarankan untuk tetap menggunakan anti gores atau tempered glass terbaik, kalau layar ponsel kamu hanya dilindungi dengan pelindung tipe ini ya!

 

3. Gorilla Glass

Pelindung layar yang satu ini memang paling populer dan banyak digunakan dibandingkan jenis lainnya, apalagi pelindung layar ini banyak digunakan oleh hampir semua merk ponsel yang ada di pasaran. Teknologi pelindung layar Gorilla Glass ini dikembangkan oleh sebuah manufaktur kaca bernama Corning yang berbasis di Amerika Serikat sedangkan untuk produksinya dilakukan di Jepang. Gorilla Glass sendiri banyak dipercaya oleh produsen smartphone karena keunggulannya yang berbahan tipis namun sangat kuat. Selain tahan terhadap goresan, Gorilla Glass ini diklaim mampu menahan tekanan sampai lebih dari 120 pound atau setara dengan 54,43 kg. Karena keunguulannya inilah Gorilla Glass banyak digunakan untuk melindungi layar ponsel mu.

 

4. Dragontrail Glass

Inilah pelindung layar yang menjadi pesaingan terdekatnya Gorilla Glass. Pelindung layar keluaran Asahi Glass ini diklaim mampu menahan beban sampai 60 kg dengan ketebalan kaca hanya 1 mm saja. Dalam sebuah video, menjelaskan bahwa pelindung layar ponsel jenis ini memiliki ketahanan yang luar biasa, ketahanan Dragontrail Glass ini dibuktikan dengan cara dipukul dengan palu, ditekuk dan digores dengan menggunakan kunci, dan semua uji coba yang dilakukan tersebut berhasil dilalui tanpa bekas apapun di layar tersebut. Pencapaian yang luar biasa dalam membuat sebuah layar ponsel yang tahan terhadap berbagai macam uji coba yang dilakukan.

 

5. Concore Glass

Concore Glass adalah produk kaca yang diproduksi oleh perusahaan Corning yang juga memproduksi Gorilla Glass. Yang membedakan antara Concore Glass dengan Gorilla Glass adalah Concore Glass berjenis OGS (One Glass Solution) dimana pelindung ini telah terintegrasi langsung dengan layar.

Ini membuat layar lebih tipis dan juga lebih kaya dengan warna karena tidak ada lapisan tambahan yang diletakkan di atas layar seperti yang dilakukan untuk jenis Gorilla Glass. Banyak produsen smartphone tidak menggunakan Concore Glass ini karena, harga yang ditawarkan kaca ini lebih mahal dibandingkan dengan harga Gorilla Glass. Jika produsen menggunakan kaca jenis ini maka smartphone yang dihasilkannya memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi yang mengakibatkan harga jualnya akan lebih tinggi.

 

6. Sapphire Glass

Dalam sebuah penelitian, Sapphire merupakan material terkuat kedua di dunia setelah berlian. Akhirnya dibuatlah material sapphire sebagai pelindung layar ponsel, seperti yang disematkan pada lensa kamera di iPhone keluaran Apple. Namun, dalam sebuah pengujian lain, Sapphire Glass tidaklah lebih baik ketahanannya dari Gorilla Glass. Akhirnya, kaca pelindung yang terbuat dari material ini mulai ditinggalkan oleh para produsen dan beralih menggunakan pelindung layar berjenis Gorilla Glass.

Itulah beberapa jenis pelindung layar ponsel yang banyak beredar dan digunakan di berbagai tipe dan merk smartphone. Setelah mengetahui jenis dan keunggulan dari pelingung layar ponsel di atas, sebaiknya kita sebagai pengguna tetap menggunakannya dengan bijak. Karena tidak ada yang menjamin smartphone yang kamu gunakan, tetap kuat untuk menahan benturan atau goresan walaupun telah memakai lapisan kaca kuat.


< Back 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.