< Back 

Sejarah Munculnya Android di Dunia

Selasa, 10 April 2018

Hi Erafoners - Apakah erafoners adalah pengguna setia dari sistem operasi robot hijau atau yang dikenal dengan sebutan Android? Apakah kamu tahu bagaimana sejarahnya sistem operasi buatan Google ini bisa hadir di tengah-tengah kita? Jaman ini, hampir setiap manusia di dunia ini pasti menggunakan smartphone. Pada tahun 2017, hampir 86% populasi smartphone di dunia menggunakan sistem operasi Android yang merupakan kepunyaan Google satu ini.

Banyak orang yang belum tau bagaimana akhirnya Android diperkenalkan sebagai sebuah sistem operasi terbuka, yang nyatanya hampir semua pabrikan smartphone menggunakan sistem operasi ini. Nah, buat kamu yang penasaran dengan sejarah terbentuknya Android, berikut adalah sejarah munculnya Android di dunia :

 

1. Sejarah Singkat Android

 

Sejarah Android berawal dari sebuah perusahaan teknologi di CaliforniaAmerika Serikat. Perusahaan yang bernama Android Inc. ini memulai pengembangan dari sistem operasi ini. Android Inc didirikan di Palo AltoCalifornia pada bulan Oktober 2003 oleh beberapa pendirinya, yaitu Andy RubinRich MinerNick Sears, dan Chris White. Pengembangan sistem operasi ini didasari dari modifikasi basis kernel Linux dan beberapa sistem operasi terbuka lainnya  

Sebenarnya untuk urusan keuangan atau finansial, Android Inc memang sedari awal sudah didukung oleh Google. Hal ini membuat mereka dapat mengembangkan sistem operasi terbaru yang ditunjukkan untuk menyaingi popularitas symbian dan windows mobile. Pada tahun 2005, akhirnya Google secara resmi membeli perusahaan Andorid Inc ini seharga 50 juta dollar Amerika Serikat. Walaupun sudah diakusisi oleh Google, tetapi para pendiri Android, seperti RubinMiner, dan White bergabung dengan Google untuk terus mengembangkan sistem operasi yang mereka buat.

Pada tahun 2007, tepatnya pada bulan November 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai berdirinya Open Handset Allience (OHA) yang bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. OHA merupakan suatu gabungan dari beberapa pabrikan, operator, dan pembuat chip, seperti HTCMotorolaSamsungQualcommSprintT-Mobile yang bersatu untuk menghasilkan suatu sistem operasi baru yang terbuka untuk perangkat mobile.

Setahun setelanya, yaitu pada tahun 2008, dirilislah HTC Dream G1, yang merupakan smartphone pertama yang menjalankan sistem operasi Android.

 

2. Android Awalnya bukan untuk Sistem Operasi Smartphone

 

Sistem Operasi Android yang diciptakan ini awalnya bukan diperuntukkan untuk sistem operasi dari sebuah perangkat smartphone. Awalnya, sistem operasi Android dikembangkan untuk dijadikan sebagai sistem operasi dari sebuah perangkat kamera digital. Namun, pendiri dari Android Inc sadar jika pasar dari perangkat kamera digital tidaklah terlalu besar, sehingga akhirnya mereka mengalihkan tujuannya. Android akhirnya dikembangkan untuk menjadi sistem operasi dari sebuah perangkan mobile yang saat itu pasarnya sangat terbuka luas dengan didominasi oleh sistem operasi Symbian dan Microsoft Windows Mobile.

Supaya informasi pembuatan sistem operasi ini tidak bocor ke pihak pengembang lainnya, maka proses pengembangan sistem operasi ini dilakukan secara diam-diam, walaupun para pengembangnya sendiri adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman. Pada akhirnya, sistem operasi Android menjadi sistem operasi yang sukses dan digunakan oleh setiap vendor smartphone untuk menunjang kinerja produknya. 

 

3. Nasib Para Pendiri Android Kini

Beberapa orang yang merupakan pendiri Android awalnya bergabung dengan Google untuk terus mengembangkan sistem operasi Android yang mereka buat. Namun, beberapa pendiri Android pada akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari Google. Bahkan ada pendiri dari Android yang memutuskan untuk tidak lagi berhubungan dengan Android.

Salah satu pendiri dari Android, yaitu Rich Miner sebenarnya tidak sepenuhnya hengkang dari tim Android dan Google. Dia bergabung dengan tim Google Ventures yang terhitung mulai dari bulan Maret 2009 dan saat ini berkantor di CambridgeMassachusetts.

Selain itu pendiri dan penemu Android lainnya, yaitu Andy Rubin pada akhirnya ikut hengkang dari Google pada Oktober 2014. Andy Rubin hengkang setelah menduduki beberapa posisi penting di Google, seperti Senior Vice President of Mobile and Digital Content, serta pernah menjadi kepala proyek baru Google. Kabar terbaru dari Andy Rubin, pada akhir November 2017 yang lalu dirinya kembali memperkenalkan perusahaan smartphone-nya yang bernama Essential.

 

Nah, diatas adalah sejarah singkat dari pendiri Android dan sistem operasi Android yang saat ini banyak dipakai menjadi sistem operasi di smartphone yang ada ditangan kamu. Setelah membaca artikel ini, kamu menjadi tahu bagaimana sejarah dari Android. Siapa yang menyangka kalau ternyata sistem operasi Android dulunya dikembangkan untuk sebuah kamera. Coba banyangkan kalau hal itu terjadi, pastinya kita enggak akan kenal sama smartphone Android seperti yang ada sekarang ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu sedikit lebih tau mengenai awal mulanya Android diciptakan.


< Back 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.