Samsung vs Apple, Siapa yang Lebih Mahal???

Jumat, 23 Maret 2018

Hi Erafoners - Persaingan sengit antara kedua pabrikan ponsel asal Korea Selatan dan Amerika Serikat ini sungguh tak terelakan lagi. Samsung dan Apple sedari dulu bersaing ketat khususnya untuk smartphone kelas atas (high-end) mereka. Baru - baru ini TechInsights menganalisa dan merilis harga produksi dari beberapa harga smartphone terkini, yaitu Samsung Galaxy S9+Samsung Galaxy Note8Samsung Galaxy S8+Apple iPhone 8+, dan Apple iPhone X. Beberapa part yang cukup memegang peranan penting dari mahalnya harga produksi adalah layar & touchscreen, prosesor, dan kamera. 

Harga produksi total yang harus dikeluarkan oleh Samsung untuk membuat Samsung Galaxy S9+ adalah $379 atau sekitar 5,3 jutaan rupiah. Harga produksi unruk membuat Samsung Galaxy Note8 adalah $369 atau sekitar 5,2 jutaan dan untuk Samsung Galaxy S8+ adalah $343 atau sekitar 4,8 jutaan rupiah. Sementara, untuk membuat iPhone XApple harus mengucurkan dana sebesar $389,50 atau sekitar 5,5 jutaan rupiah dan harga produksi untuk membuat iPhone 8+ adalah $324,50 atau sekitar 4,5 jutaan rupiah. Perlu diingat, harga - harga ini murni harga pokok produksi yang belum ditambah dengan biaya riset, marketing, iklan, pajak, distribusi, dan lain - lain. 

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, harga produksi dari S9+ lebih mahal sekitar $36 atau kurang lebih 10% daripada pendahulunya S8+. Pemicu kenaikan harga produksi ini berasal dari sektor kamera yang lebih mahal $16. Bila dibandingkan dengan Note8 dan iPhone 8+, harga produksi S9+ lebih mahal $10 dan $54.5 berturut - turut. Kenaikan harga terbesar tetap dipicu dari sektor kamera. Sektor kamera merupakan bagian yang cukup mahal daripada S9+ dikarenakan banyaknya inovasi yang dilakukan Samsung, seperti dual aperture, kamera ganda, dan super slow motion yang pastinya akan cukup sulit pembuatan hardware-nya dan berimbas pada harganya.

 

Baca juga : Powerbank Dilarang Naik Pesawat!!!

 

Pertarungan sebenarnya terjadi pada dua smartphone flagship teranyar dari Samsung dan Apple, yaitu Samsung Galaxy S9+ dan Apple iPhone X. Ternyata, harga produksi dari iPhone X lebih mahal $10 daripada Galaxy S9+. Hal ini dipacu oleh mahalnya part layar yang hampir menutupi seluruh bagian depan dari iPhone X. Namun untuk sektor kamera, part yang ditanamkan di S9+ lebih mahal $5 karena beberapa alasan diatas tadi.

Bila dibandingkan dengan harga retailnya saat ini, ternyata perbedaan antara harga pokok penjualan dan harga pokok produksinya lumayan besar juga yah. Semoga pabrikan ponsel dapat memberikan sedikit potongan harga agar kita sebagai pengguna dapat diuntungkan.

 

Mau melihat produk - produk Samsung dan Apple lainnya, selengkapnya hanya di erafone.com!!!


Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.