Powerbank Dilarang Naik Pesawat

Selasa, 21 Maret 2018

Hi Erafoners - Saat ini kebutuhan akan smartphone yang dapat bertahan lama pasti diimpikan semua orang. Semua aktivitas kita rasanya hari - hari ini sudah sangat terhubung dengan smartphone kita. Apalagi ketika kita mau travellingpowerbank menjadi solusi yang paling ampuh agar kita tidak mati gaya serta akun sosial media kita selalu terupdate dengan kegiatan - kegiatan liburan kita.

Tetapi, ada berita yang cukup mengejutkan. Terdapat aturan dan ketentuan baru yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Indonesia yang tercurah dalam dokumen SE Keselamatan Nomor 015 Tahun 2018 yang mengatur soal ketentuan powerbank yang boleh masuk ke dalam pesawat. Hal ini menindaklanjuti soal kejadian meledaknya powerbank di kabin pesawat China Southern Airlines beberapa waktu yang lalu.

Pada surat edaran ini terdapat tiga klasifikasi powerbank yang boleh dibawa dan masuk ke dalam pesawat. Powerbank dengan daya dibawah 100 Wh atau setara dengan 20.000 mAh boleh dibawa penumpang masuk ke dalam kabin pesawat. Kemudian, powerbank dengan daya antara 100 Wh sampai dengan 160 Wh diperbolehkan masuk ke dalam pesawat dengan adanya persetujuan dari pihak maskapai. Sedangkan powerbank dengan daya lebih besar 160 Wh atauu setara dengan 32.000 mAh tidak diperkenankan masuk ke dalam pesawat dan penumpang harus menaatinya dengan meninggalkannya di bandara.

Menurut Agus Santoso Dirjen Perhubungan Udara KEMENHUB,"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Perlu adanya suatu pencegahan karena keselamatan penerbangan menjadi salah satu faktor yang paling utama." Perlu diingat semakin besar daya pada powerbank kita, maka akan semakin besar pula kemungkinan daya ledak yang bisa ditimbulkan.

Ternyata membawa powerbank memiliki resiko yang cukup besar juga yahh. Sebaiknya hal ini bukan hanya diterapkan untuk moda transportasi udara saja, tetapi di moda - moda transportasi lainnya, seperti transportasi laut dan darat. Kemudian, penumpang sebaiknya memikirkan penuh akan keselamatannya, dengan mempertimbangkan bawaan yang akan dibawa ke dalam pesawat. Jika penumpang sangat membutuhkan powerbank, pastikan kamu membawa powerbank yang kapasitasnya dibawah 20.000 mAh, sehingga jangan sampai kemu merugikan diri sendiri dan orang lain yah...


Copyright © 2019 Erafone.com. All rights reserved.