Raja Smartphone Dunia di Kuartal Pertama 2018

Senin, 30 Juli 2018

Hi Erafoners – Persaingan di dunia smartphone kian lama kian sengit. Semua pabrikan smartphone berlomba untuk terus memberikan yang terbaik pada konsumen loyalnya. Pabrikan smartphone asal negri tirai bambu kini sangat agresif dan gencar meluncurkan produk baru agar bisa bersaing dengan brand smartphone kenamaan lainnya. Kuartal pertama tahun 2018 ini diisi dengan banyak sekali smartphone baru dari berbagai brand smartphone. Siapakah raja smartphone dunia di kuartal pertama tahun 2018? Simak terus artikel ini yah…

Pada kuartal pertama tahun 2018, posisi pertama raja smartphone dunia tetap diduduki oleh raksaksa teknologi asal Korea Selatan, yaitu Samsung. Selama rentang beberapa tahun terakhir ini, memang Samsung selalu menjadi yang pertama dalam hal penjualan smartphone. Seri smartphone Samsung, seperti Galaxy S series, Note series, J series, A series, dan lainnya berkontribusi pada penjualan Samsung, sehingga sekitar 78 juta unit smartphone bisa terjual pada kuartal pertama tahun 2018. Dengan ini, Samsung menguasai pasar smartphone dunia sekitar 20,5%.

Bila dibandingan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, ternyata penjualan brand nomor satu ini turun beberapa ratus ribu unit. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya gempuran dari brand lain yang  sepertinya lebih menarik di mata konsumen. Kehadiran Samsung Galaxy S9 series di awal tahun 2018 sepertinya kurang berpengaruh pada kinerja penjualan Samsung. Kurangnya inovasi disinyalir menjadi salah satu penyebeb utama lemahnya penjualan smartphone ini di dunia. Semoga Samsung segera bangkit melalui seri Galaxy Note terbaru yang akan diluncurkan beberapa saat lagi.

Tahta nomer 2 di duduki oleh pabrikan smartphone asal Amerika Serikat, yaitu Apple. Apple merupakan vendor yang paling berbeda bila dibandingkan dengan brand lain. Seluruh smartphone Apple menjalankan sistem operasi IOS yang secara eksklusif hanya bisa dimilikki dan digunakan oleh Apple. Hal ini membuat konsumen yang sangat loyal pada sistem operasi IOS selamanya akan selalu mencari produk Apple. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa penjualan produk Apple cukup kuat setiap tahunnya. Untuk kuartal pertama tahun 2018 hampir 54 juta unit smartphone Apple berhasil terjual. Dengan angka ini, Apple berhasil mendominasi pasar sebesar 14,1%. Bila dibandingkan dengan tahun lalu baik penjualan dan pangsa pasar Apple meningkat.

Huawei mengisi posisi ketiga sebagai brand smartphone terlaris di dunia. Penjualan smartphone Huawei pada kuartal pertama tahun 2018 mencetak angka hampir 40 jutaan unit. Banyaknya unit smartphone yang terjual, ternyata berimbas pada eksistensi Huawei di dunia yang menguasai pasar sebesar 10,5%. Ekspansi besar – besaran yang dilakukkan oleh Huawei diluar China merupakan cara yang cukup efektif meningkatkan penjualan. Terbukti strategi ini berhasil meningkatkan penjualan Huawei sebesar 6 juta unit dan pangsa pasar sebesar 1,5%. Sepertinya angka penjualan Huawei akan terus meningkat mengingat banyak inovasi baru yang Huawei keluarkan.

Istilah kuda hitam menurut erafone.com rasanya sangat pas untuk menggambarkan kondisi dari pabrikan smartphone ini. Yaaa, untuk kuartal pertama tahun 2018 ini Xiaomi kembali menyabet posisi nomor empat sebagai vendor smartphone dengan penjualan terbanyak di dunia. Rasanya, penjualan Xiaomi sangat kuat di negara – negara berkembang, seperti Indonesia dan India. Kini, Xiaomi juga sedang melakukkan ekspansi ke negara – negara di benua Eropa. Hal ini turut akan memberikan efek pada penjualan smartphone Xiaomi di masa mendatang. Pangsa pasar Xiaomi di dunia smartphone dunia sebesar 7,4% dengan penjualan sebanyak kurang lebih 28,5 juta unit. Kondisi ini meningkat lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Brand asal negara Tiongkok kembali berhasil mencatatkan namanya pada brand smartphone terlaris di dunia. Oppo masih menduduki posisi nomor 5 meskipun angka penjualan dan tingkat eksistensinya di dunia melemah. Pada kuartal pertama tahun 2018, Oppo mencatatkan angka penjualan sebesar 28 juta unit yang artinya Oppo menguasai 7,3% pasar smartphone dunia. 

Dari data diatas terbukti brand asal negara tirai bambu tidak main - main dalam menggarap bidang smartphone. Angka penjualan dan tingkat eksistensinya di dunia pun sangat fantastis. Sebaiknya brand smartphone lain jangan mau kalah untuk terus menerus membawa inovasi terbaru yang membuat konsumen melirik produk Anda.   

 

 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.