< Back 

Smartphone Terbaru Hadir Lebih Cepat di Indonesia

Selasa, 10 April 2018

Hi Erafoners - Erafoners pada ngerasa gak sih kalau akhir - akhir ini smartphone terbaru yang diluncurkan di luar negri dengan begitu cepatnya bisa didapatkan di Indonesia secara resmi??? Bila kita ingat masa - masa lalu, menanti smartphone terbaru yang masuk ke Indonesia cukup memakan waktu yang lama. Jika di pasar gadget internasional sudah bisa mencicipi smartphone terbaru tersebut, kita di Indonesia harus menantikannya cukup lama dengan sabar untuk bisa membelinya secara resmi. 

Kalau pun sudah ada di Indonesia, penyebaran dan distribusinya pun belum luas seperti saat ini, sehingga kamu kesulitan untuk mendapatkan smartphone terbaru dengan mudah. Namun, kini kamu tak perlu menunggu lama lagi untuk mendapatkan smartphone terbaru dalam genggaman. Hal ini bisa terjadi karena Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memastikan bahwa smartphone baik dari dalam dan luar negeri akan lebih cepat beredar di pasaran, sehingga masyarakat dapat lebih cepat mendapatkannya. Tetapi, hal ini harus sesuai dengan peraturan resmi yang berlaku yah... 

Hal tersebut terjadi karena proses sertifikasi smartphone lebih dipercepat, yang semula membutuhkan waktu dua bulan, kini hanya butuh waktu dua hari saja. Proses sertifikasi itu dilakukan menggunakan test report dari laboratorium terakreditasi yang disertai sejenis "Letter of Undertaking" sehingga menghasilkan proses yang lebih sebentar. Proses ini bisa berlangsung dengan cepat asalkan pabrikan sudah memenuhi semua standar dan syarat yang dikeluarkan oleh Kementrian Indonesia

Smartphone yang sudah memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) akan lebih cepat beredar di tengah masyarakat. TKDN merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh semua pabrikan yang ingin memasarkan smartphone dengan koneksi 4G LTE di Indonesia. Saat ini syarat TKDN sedang ramai diperbincangkan, karena hal ini relevan dengan tingkat kepatuhan pabrikan dengan aturan main yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, hal ini juga menjadi imbauan bagi masyarakat agar tidak melakukan penyelundupan smartphone serta tidak menghadirkan gadget secara ilegal karena smartphone resmi cepat hadir di tengah masyarakat.

 

Layanan Sertifikasi Smartphone

Kecepatan pemerintah dalam melakukan sertifikasi smartphone atau produk mobile terbaru akan menyokong nilai tambah bagi Indonesia, khususnya dalam bidang industri smartphoneSetiap smartphone yang ingin dipasarkan di Indonesia, harus terlebih lulus uji sertifikasi. Pelayanan sertifikasi secara online membutuhkan beberapa dokumen yang harus disiapkan, seperti:

1. Deklarasi Kesesuaian : Sesuai SNI ISO>IEC 17050 dengan format yang terlampir di Peraturan Menteri Kominfo No. 23 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi Pesawat Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet.

2. Test Report : Perangkat telekomunikasi yang dirilis harus diuji terlebih dahulu oleh laboratorium atau institusi lainnya yang terdaftar dan diakui oleh Cellular Telephone Industries AssociationBalai UjiLaboratorium Uji yang belum diakreditasi namun telah lulus supervisi. Setelah selesai diuji, akan terbit laporan bagaimana hasil uji dari smartphone tersebut.

3. Salinan Administrasi : Hal ini meliputi identitas diri dan penandatanganan dari Deklarasi Kesesuaian, surat keterangan resmi dari lembaga berwenang yang memuat daftar IMEI untuk perangkat GSMMEID untuk perangkat CDMA atau sejenisya, serta Sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustrian untuk perangkat berbasis teknologi LTE.

Langkah selanjutnya adalah pemohon kemudian mengajukan pemverifikasian persyaratan Deklarasi Kesesuaian lewat situs e-sertifikasi. Jika semua persyaratan sudah lengkap dan telah diverifikasi, maka Surat Perintah Pembayaran (SP2) pun akan segera diterbitkan. Jika semuanya sudah lengkap dan sesuai dengan peraturan dan persyaratan yang ada, sertifikasi perangkat pun akan keluar dengan cepat, sehingga tidak perlu lagi untuk menunggu hingga berbulan-bulan lamanya. Sertifikasi perangkat akan keluar dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pemohon membayar SP2. Oleh karena itu, proses sertifikasi dan evaluasi dokumen melalui deklarasi kesesuaian hanya memakan waktu dua hari saja.

Saat ini, pasti hampir semua smartphone sudah dilengkapi dan mendukung konektivitas 4G LTE. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh vendor agar bisa memasaran device ini di Indonesia adalah dengan memenuhi persyaratan TKDN sebanyak lebih dari 30%

Saat ini kamu bisa mengetahui jumlah merek smartphonetablet, serta perangkat sejenis lainnya yang sudah memenuhi unsur TKDN yang dipersyaratkan, yaitu sebanyak 43 merek, diantaranya 11 merek berasal dari dalam negara dan sisanya berasal dari luar Indonesia. Sedangkan bila dilihat dari jumlah model perangkat, baik handphonesmartphone, serta tablet yang sudah disertifikasi dan memenuhi TKDN adalah sebanyak 294 model perangkat selama kurun waktu dari 2017 sampai Februari 2018.

Dari data yang ada, dapat disimpulkan bawha sudah cukup banyak produk handphonesmartphone, serta tablet yang sudah mengantongi dan memenuhi unsur TKDN. Dengan ini, kamu sudah tidak perlu lagi menunggu dengan waktu yang lama untuk menikmati fitur-fitur canggih yang disajikan oleh produk smartphone terbaru yang sudah duluan beredar di luar negeri. Semoga semua pabrikan dan vendor terus menerus taat dan patuh akan peraturan ini agar kedua belah pihak akan saling diuntungkan.


< Back 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.