< Back 

 

Huawei P20 Pro : Smartphone Kamera atau Kamera Smartphone???

Senin, 25 Juni 2018

Hi Erafoners – Pabrikan smartphone asal negri tirai bambu, yaitu Huawei memang belakangan ini memiliki banyak inovasi yang jempolan. Huawei merupakan pabrikan yang spesialisasinya di bidang perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi, seperti smartphone, modem, prosesor, dan lainnya. Hal ini membuat brand dari Huawei sendiri terkenal di bidang pertelekomunikasian dunia.

Menurut data dari IDC, smartphone Huawei menyambet posisi ketiga sebagai smartphone yang penjualannya tertinggi di dunia, yaitu sebesar 150.534 unit di tahun 2017 dengan menguasai pangsa pasar dunia sebesar 9,8%. Hal ini membuktikan jika brand Huawei merupakan salah satu brand smartphone yang dicari banyak orang.

Belakangan ini, Huawei juga terbilang cukup fokus mengembangkan teknologi kamera yang ada di smartphone. Hal ini terbukti setelah dijalinnya kerja sama dengan Leica beberapa waktu yang lalu. Leica merupakan salah satu pabrikan kamera yang sangat terkenal sejak lama. Tak hanya dua kamera, tetapi tiga kamera sekaligus disematkan pada bagian belakang Huawei P20 Pro ini. Bagaimana dengan performa dan kinerjanya?


1. Desain

Penampilan Huawei P20 Pro saat erafone.com pertama kali melihat dan memegangnya begitu menggoda. Bagian depan dan bagian belakang smartphone ini dilapisi dengan kaca yang disatukan oleh frame alumunium di bagian tenghnya. Hampir seluruh tampak depannya ditutupi dengan layar yang kini memiliki poni. Sayangnya terdapat sensor sidik jari yang juga berfungsi sebagai tombol back atau tombol home pada bagian dagunya, sehingga smartphone ini memiliki bezel bagian bawah yang cukup besar.

Poni yang disematkan pada smartphone ini tidak terlalu lebar, hanya ada earpiece, kamera depan, LED Notifikasi, dan sensor. Uniknya, bentuk earpiece pada smartphone ini berbentuk bulat yang mengikuti bentuk dari kamera depannya. Hal ini mungkin dilakukkan oleh Huawei agar isi notch-nya memiliki bentuk yang simetris. Good job untuk Huawei yang sangat memperhatikan detail!!!

Mengkilat dan kokoh!!! Itulah kesan yang erafone.com dapatkan ketika melihat dan memegang smartphone ini. Build quality-nya baik, semua sektor desain berhasil dibuat sangat presisi, tidak ada bunyi – bunyian aneh yang menganggu. Sisi bagian belakang dibuat agak melengkung agar lebih nyaman digenggam. Namun, penggunaan material kaca pada bagian depan dan belakangnya membuat smartphone ini cepat sekali kotor dengan tempelan sidik jari. Selain itu, pada bagian belakangnya terdapat tonjolan kamera yang cukup keluar hal ini jelas menganggu ketika Huawei P20 Pro diletakkan pada bidang datar.

Frame Huawei P20 Pro bagian atas diisi dengan IR Blaster, microphone, dan lis antena. Di sisi kiri hanya diisi oleh slot dua kartu sim nano. Pada frame bagian bawah diisi dengan lubang stereo speaker, port USB type C, dan lis antena. Sedangkan di frame bagian kanan terdapat tombol power dengan guratan garis merah dan tombol volume. Smartphone ini tidak dibekali dengan slot kartu memori tambahan yang menjadi salah satu kelemahan smartphone ini.

Desain smartphone ini semakin menarik dengan opsi warna yang cukup nyetrik, yaitu pilihan warna Twilight. Opsi warna Twilight merupakan gradien warna ungu menuju biru menuju hijau yang membuat desain Huawei P20 Pro semakin menarik. Huawei P20 Pro sudah memiliki sertifikasi anti air IP67, sehingga erafoners tidak perlu khawatir lagi apabila smartphone ini terkena cipratan air dan debu. Smartphone ini memiliki bobot seberat 180 gram, namun menurut kami tetap nyaman dan mudah ketika digunakan.

Secara overall, desain Huawei P20 Pro cukup berbeda dengan konsep desain yang biasa ditawarkan oleh Huawei. Namun, uji coba konsep desain baru dari Huawei ini sepertinya cukup berhasil dengan membawa tren – tren kekinian, seperti Notch dan konfigurasi kamera vertikal. Namun, sayangnya smartphone ini tidak dibekali dengan jack audio 3,5mm. Tetapi, erafone.com tetap menyukai desain dari Huawei P20 Pro.

 

2. Layar

  

Huawei P20 Pro dipersenjatai dengan layar seluar 6,1” dan panel OLED. Layarnya ini sudah mengusung FullView Display yang memiliki aspek rasio 18,7:9. Smartphone ini memiliki poni di bagan atasnya. Ukuran poninya tidak terlalu besar, hanya diisi oleh kamera depan, earpiece, LED Notifikasi dan sensor. Memiliki ukuran poni yang tidak terlalu besar artinya akan semakin luas pula layar yang dapat kita gunakan untuk menampilkan konten yang ada.

Meskipun layar smartphone ini hanya beresolusi FHD+ (1080 x 2240 pixels), tetapi kualitasnya sangat baik. Layarnya cukup terang, sehingga menggunakan smartphone ini dibawah terik matahari atau terkena paparan sinar yang sangat terang tidak lagi menjadi masalah. Mode layar dan warna juga dapat diatur di smartphone ini, terdapat pilihan “Natural Tone”, “Normal”, atau “Vivid”. Sedangkan temperatur warnanya juga ada tiga pilihan, yaitu “Default”, “Warm”, atau “Cold” yang semuanya dapat dipilih sesuai dengan preferensi kita. Fitur “Eye Comfort” juga tak lupa hadir di smartphone ini yang akan mereduksi spektrum warna biru dan spektrum warna ungu, sehingga kesehatan mata kita tetap terjaga meskipun kita selalu menatap layar smartphone.

Terdapat 2 opsi pilihan penempatan aplikasi – aplikasi yang kita install, yaitu mau diletakkan semuanya di homescreen atau disatukan dalam “apps drawer”. Kita dapat memilih 2 opsi ini sesuai dengan preferensi personal kita masing – masing. Layar Huawei P20 Pro memiliki poni atau yang sering disebut sebagai “Notch”. Fitur ini rasanya merupakan fitur yang cukup wajib dibawa oleh smartphone terbaru. Tapi jangan khawatir, bila erafoners tidak menyukai tampilan yang terpotong karena adanya poni ini, maka “Notch” dapat disembunyikan.

Untuk menghemat konsumsi baterai, smartphone ini dapat mengaturnya secara pintar yang secara otomatis akan memilih resolusi layar yang sesuai dengan keadaan sekitar, sehingga kualitasnya tetap baik. Jika memang erafoners sangat ingin menghemat baterai, maka kita dapat memilih secara manual baik resolusi HD+ maupun FHD+. Secara overall, kualitas layarnya boleh diadu dengan smartphone flagship lainnya.

 

3. Performa

 

Huawei P20 Pro dibekali dengan cip prosesor buatan Huawei sendiri sama seperti smartphone flagship Huawei sebelumnya. Kirin 970 dipercaya untuk mengotaki Huawei P20 Pro yang memiliki 8 inti otak dengan konfigurasi 4 inti otak Cortex–A73 berkecepatan 2,4 Ghz dan 4 inti otak Cortex–A53 berkecepatan 1,8 Ghz. Kirin 970 dikombinasikan dengan kartu grafis Mali–G72 MP12 yang serupa dengan kartu grafis dari cip prosesor Samsung Exynos.

Smartphone ini dibekali dengan satu varian RAM dan memori internal saja, yaitu dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB tanpa adanya slot kartu memori tambahan. Huawei P20 Pro sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru yang secara komersial sudah diluncurkan oleh Google, yaitu Android 8.1 Oreo. Sistem operasi ini sudah dimodifikasi dengan user interface dari Huawei sendiri, yaitu EMUI 8.1.

Performanya sendiri dapat dikatakan cukup baik meskipun belum bisa disamakan dengan cip prosesor keluaran tahun 2018 seperti Qualcomm Snapdragon 845 atau Samsung Exynos 9810. Kirin 970 merupakan salah satu cip prosesor buatan Huawei pada tahun 2017 yang sudah digunakan pada beberapa seri smartphone flasgship Huawei sebelumnya. Cip prosesor ini sudah mendukung pembelajaran dan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang juga kini sedang menjadi tren di dunia gadget. Untuk skor benchmark  Antutu–nya sendiri, Huawei P20 Pro mencetak angka 200 ribuan.

Untuk bermain game berat, seperti Final Fantasy dan Need For Speed : No Limits terkadang terdapat jeda yang cukup menganggu. Bila smartphone ini digunakan untuk bekerja dalam beban berat, seperti bermain game berat atau menggunakan kamera dalam jangka waktu yang cukup lama, bagian belakang smartphone ini cepat sekali panas dan hal ini juga sedikit menganggu. Namun, secara overall performa dan kinerja smartphone ini sehari – hari baik, lancar, dan tanpa masalah yang berarti.

Huawei P20 Pro sudah mengadopsi stereo speaker yang memiliki 2 output, yaitu dari lubang speaker bagian bawah sebelah kanan (lubang bagian bawah sebelah kiri hanya imitasi untuk mempercantik desain) dan earpiece dari bagian atas. Kualitas suaranya baik dan keras meskipun smartphone flagship tetangga masih lebih baik kualitasnya. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur Dolby Atmos yang merupakan teknologi surround–sound, sehingga pengalaman menonton atau mendengarkan music mirip seperti di bioskop.

Untuk urusan keamanan, Huawei P20 Pro setara dengan smartphone flagship lainnya, yaitu terdapat sensor sidik jari dan juga face unlock. Untuk sensor sidik jari, smartphone ini cukup unik karena meletakannya di dagu bagian depan ponsel yang juga bisa berfungsi sebagai tombol navigasi. Kecepatan verifikasinya cepat dan akurat setara dengan smartphone flagship lainnya. Hal ini juga turut berlaku dengan performa face unlock–nya yang juga cepat dan akurat.

Terdapat beberapa fitur tambahan menarik yang disematkan pada Huawei P20 Pro, seperti erafoners bisa membalikan smartphone ini untuk mematikan notifikasi alarm, timer, maupun telepon. Kemdudian, erafoners tinggal mengangkat smartphone ini untuk menyalakan layarnya dan mengecilkan suara notifikasi telepon, timer, atau alarm. Erafoners juga tinggal mendekatkan smartphone ini ke telinga untuk mengangkat telepon maupun membuat telepon. Selain itu, untuk mengambil screenshot pada smartphone ini, erafoners hanya tinggal mengetukan dua kali punggung jari Anda, menggambar sesuai dengan bagian yang diinginkan, atau bisa juga menggambarkan huruf S untuk mengambil screenshot panjang. Split screen juga tak lupa hadir di smartphone ini.

Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang sangat besar bila dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya. Setelah menggunakannya beberapa waktu, memang dapat disimpulkan bahwa baterai smartphone ini sangat irit. Untuk penggunaan yang tidak terlalu intens, baterainya mampu bertahan seharian bahkan ketika malam hari masih terdapat sisa kurang lebih 20%. 

 

4. Kamera 

Kamera merupakan sektor penjualan utama yang sangat digembor – gemborkan oleh Huawei. Smartphone ini dibekali dengan tiga kamera sekaligus di bagian belakangnya bukan lagi hanya dua seperti kebanyakan saat ini. Huawei yang handal dalam membuat smartphone dan Leica yang merupakan salah satu brand kamera yang sangat terkenal terus bekerja sama selama beberapa seri smartphone Huawei terakhir. Kamera Huawei P20 Pro dikombinasikan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang akan menyempurnakan setiap hasil foto yang diambil.

Huawei P20 Pro dilengkapi dengan tiga kamera yang diposisikan secara vertikal. Tiga kamera di Huawei P20 Pro terdiri dari kamera sensor warna RGB beresolusi 40 MP f/1.8 dengan ukuran sensor yang cukup besar dan juga sudah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization), kamera telephoto beresolusi 8 MP f/2.4 dengan 3x optical zoom maupun 5x hybrid zoom, dan kamera dengan sensor monokrom beresolusi 20 MP f/1.6. Sayagnya, kamera telephoto dan kamera monokrom Huawei P20 Pro hanya dibekali dengan EIS (Electronic Image Stabilization) untuk urusan stabilisasinya.

Untuk kamera depan sendiri, Huawei P20 Pro dilengkapi dengan kamera beresolusi 24 MP dengan aperture f/2.0. Huawei P20 Pro dilengkapi dengan dua teknologi autofocus, yaitu menggunakan sensor laser transimtter dan laser receiver yang bekerja sangat cepat, responsif, dan akurat. Ada satu hal menarik lainnya, yaitu terdapat sensor temperatur warna pada lampu LED flash Huawei P20 Pro yang akan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar.  

 

Baca Juga : Teknologi 3 Kamera Huawei P20 Pro

 

Dengan serangkaian teknologi, spesifikasi kamera, dan dukungan software yang diaplikasikan pada Huawei P20 Pro, smartphone ini meduduki tahta nomor 1 di DxoMark sebagai smartphone kamera terbaik dengan nilai 109. Lantas, bagaimana dengan kualitas kameranya dalam keseharian? Terus baca ulasan review Huawei P20 Pro ini yah…

Untuk mode kameranya sendiri terdapat beberapa mode, seperti “Aperture”, “Night”, “Portrait”, "Photo", "Video", "Pro", dan masih banyak lagi mode lainnya. Untuk interface kameranya sendiri, menurut erafone.com sudah cukup baik dan informatif. Untuk berpindah mode kamera, erafoners tinggal menggeser atau menyentuhnya saja. Pendeteksian fokusnya cepat, meskipun belum bisa menyamai smartphone flagship tetangga yang menggunakan teknologi dual pixel.

Menurut erafone.com, hasil kamera terutama di sektor fotografi memang luar biasa baik. Serangkaian teknologi dan spesifikasi yang dibenamkan pada smartphone ini sukses membuat hasil foto yang memang ciamik. Hasil fotonya sangat tajam, dynamic range nya sempurna, sehingga hampir semua scene dapat dieksekusi dengan baik oleh kamera smartphone ini. Meskipun erafone.com merasa warna yang dihasilkan dan tingkat saturasinya cenderung tinggi dan kurang natural.

Untuk kondisi cahaya yang melimpah alias siang hari, Huawei P20 Pro dapat melibas semua scene dengan hasil yang baik. Hal ini memang sudah sepatutnya demikian mengingat kebanyakan smartphone lain memang pasti menghasilkan foto pada siang hari yang maksimal. Untuk meningkatkan kualitas kameranya, kamera Huawei P20 Pro dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang Huawei sebut sebagai Master AI. Master AI ini diklaim mampun mengenali 500 jenis scene dalam 18 kategori yang berbeda.

Setelah erafone.com mencoba beberapa saat, scene yang paling sering dapat dikenali oleh Huawei P20 Pro, yaitu “Food”, “Close–Up”, “Portrait”, “Sky”, “Flowers”, dan masih banyak lagi. Menurut kami, Master AI akan meningkatkan tingkat saturasi dan kontras yang cukup banyak pada objek yang dikenali oleh kamera smartphone, sehingga hasilnya menjadi over–saturated, namun terlihat lebih artistik. Silahkan erafoners nilai sendiri untuk hasil foto Huawei P20 Pro di bawah ini. 

Tak perlu khawatir dengan adanya kamera telephoto, maka Huawei P20 Pro mampu menghasilkan foto bokeh atau foto dengan latar belakang blur. Hasil dan kualitasnya baik, pendeteksian sisi atau ujung – ujungnya juga rapi. Kita dapat mengatur tingkat fokus dan tingkat bokehnya baik sebelum foto diambil maupun setelah foto diambil. Terdapat pilihan pengaturan aperture dari f/0,95 sampai dengan f/16, sehingga erafoners dapat mengatur tingkat blurnya sesuka hati. Terdapat juga fitur 3D Lightning, yang merupakan beberapa settingan pencahayaan yang berasal dari software. Selain itu, dengan adanya kamera telephoto, maka Huawei P20 Pro memiliki 3x optical zoom dan bahkan 5x hybrid zoom dengan mengkombinasikan hasil foto antara kamera RGB dan kamera telephoto. Namun, apabila foto ingin di zoom, maka resolusinya hanya terbatas pada 10 MP. Berikut adalah hasil foto bokeh yang erafone.com ambil pada kondisi indoor dan intensitas cahaya yang tidak terlalu baik dan hasil foto zoom, seperti di bawah ini. 

Menurut erafone.com, Huawei P20 Pro memang jago dan sangat superior dalam menghasilkan foto – foto dalam kondisi yang kurang cahaya atau sering disebut sebagai foto low light. Kombinasi antara spesifikasi teknis yang dibawa dan software yang baik membuat hasil foto low light nya sangat baik. Dengan bantuan AI pada mode Night, meskipun foto diambil dengan menggunakan shutter speed yang lambat, hasil foto tetap fokus, tidak blur, dan kualitasnya maksimal walau tidak memakai tripod sekalipun. Ini karena adanya bantuan dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang bekerja sebagai stabilisasi gambar.

Kualitas foto yang dihasilkan saat kondisi kurang cahaya luar biasa baik. Foto menjadi sangat terang dan detailnya berhasil ditangkap. Kadar noise sangat minim untuk foto pada kondisi kurang cahaya. Warna masih dapat ditangkap dengan baik. Teknologi AI akan menggabungkan foto dengan beberapa eksposure, sehingga hasilnya akan tertangkap maksimal. Overall, erafone.com memberikan acungan jempol untuk kualitas foto low light yang dihasilkan dari kamera Huawei P20 Pro. SIlahkan nilai sendiri yah kualitas fotonya, seperti di bawah ini.

Untuk kamera depan, Huawei P20 Pro dipersenjatai dengan kamera beresolusi 24 MP dengan bukaan aperture f/2.0. Sayangnya kamera depan Huawei P20 Pro ini belum dilengkapi dengan autofocus. Kamera depannya juga sudah bisa menghasilkan foto bokeh, seperti banyaknya smartphone flagship kekinian. Sama seperti kamera belakangnya, kamera depan smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur 3D Lightning. Kualitasnya sendiri cukup baik dan terang, detail yang tertangkap cukup detail, warna yang ditangkap juga cukup ok, dynamic range nya baik untuk kamera depan, meskipun erafone.com merasa efek beauty-nya masih membuat muka mulus walaupun sudah diatur menjadi 0.

Untuk perekaman video, Huawei P20 Pro menawarkan perekaman video hingga resolusi 4K dalam 30 fps yang masih kalah bila dibandingkan dengan smartphone flagship tetangga. Selain resolusi 4K, seperti biasa kamera Huawei P20 Pro mampu merekam video 1080p dalam 30 atau 60 fps, dan juga super slow motion pada 720p hingga 960 fps. Super slow motion juga merupakan salah satu fitur kekinian yang wajib dimiliki oleh smartphone flagship. Kualitas perekaman video nya juga baik, banyak detail yang tertangkap. Untuk warna, dynamic range, dan ketajamannya juga sudah baik, setara dengan smartphone flagship lainnya. Untuk kualitas super slow motionnya sendiri juga sudah cukup baik meskipun resolusinya hanya terbatas pada 720p saja. Namun menurut erafone.com, sebaiknya Huawei menambahkan fitur pendeteksian scene otomatis untuk merekam, sehingga pengalaman yang didapatkan oleh user menjadi lebih baik lagi. Mungkin hal ini bisa ditambahkan Huawei di pembaharuan software selanjutnya.

 

5. Kesimpulan

 

Huawei P20 Pro merupakah salah satu flagship kamera terbaik yang ada di pasaran saat ini. Bukan hanya dua tetapi tiga kamera belakang sekaligus diadopsi oleh Huawei P20 Pro. Kombinasi antara spesifikasi kamera teknis yang disematkan di Huawei P20 Pro dan bantuan software yang canggih membuat kamera smartphone ini layak untuk diacungi jempol. Layar yang sudah kekinian ditambah dengan poni serta kamera yang dikonfigurasikan secara vertikal menambah apiknya desain smartphone ini. Performanya terbilang baik meskipun smartphone flagship lain masih ada yang lebih baik. Jika erafoners mencari dan membutuhkan smartphone yang sangat unggul dalam sektor kamera dan sering mengambil gambar dalam kondisi yang kurang cahaya, maka Huawei P20 Pro merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

 

SEE MOOORE... Nikmati penawaran yang sangat menarik setiap pembelian Huawei P20 Pro hanya di erafone.com

< Back 

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.