Kencan Singkat Pertama dengan Vivo V9

Kamis, 29 Maret 2018

Hi Erafoners – Vivo Indonesia siap meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia, yaitu Vivo V9Erafone.com sempat menjajal smartphone terbaru ini secara singkat. Bagaimana performa dari Vivo V9? Apakah sesuai dengan ekspektasi dari para penggila smartphone?

 

1. Desain

Pertama, kita mulai dari segi desain yang ditawarkan oleh Vivo V9. Kesan pertama yang saya dapatkan ketika memegang secara lansgung smartphone ini adalah mewah. Balutan warna hitam yang sangat deep dan guratan warna emas yang menyelimuti beberapa part dari Vivo V9 terasa pas dan sangat elegan. Lekukan yang membulat pada ujung – ujungnya dan build quality nya terasa solid walaupun smartphone ini cukup ringan, namun tetap nyaman digenggam.

Di sisi kanan, V9 memiliki 3 buah tombol, yaitu tombol volume up, tombol volume down, dan tombol power. Di sisi kiri terdapat slot sim card dan slot memory card. Sedangkan dibagian bawah terdapat jack audio 3.5 mm yang untungnya tidak disunat oleh Vivomicrophoneport micro USB, dan speaker. Kecantikan desain smartphone ini bertambah apabila layarnya sedang mati, dikarenakan seluruh bagian depannya hitam dan screen to body ratio-nya mencapai 90%. Bezel alias dagu bagian bawah dari Vivo V9 sangat tipis yang menunjang desain cantiknya.

Di bagian belakangnya, Vivo menyematkan kamera ganda beresolusi 13 MP + 2 MP serta LED Flash pada ujung kirinya. Sensor sidik jari ditempatkan di tengah bodi belakangnya dan terdapat logo Vivo tepat dibawah sensor sidik jari.

Namun, satu hal yang cukup mengurangi keindahan dari smartphone ini adalah fingerprint magnet, sehingga bagian belakangnya cepat sekali kusam dan harus rajin dibersihkan. Mungkin hal ini dapat diminimalisir dengan penggunaan casing tambahan. Untuk pengisian daya baterai dan proses transfer data, Vivo V9 masih mengandalkan port micro USB.

Sepertinya bagi pengguna yang sangat mobile dan aktif, Vivo V9 merupakan pilihan yang sangat cocok karena smartphone ini menyediakan slot dedicated untuk dual nano sim card dan memory card. Hal ini akan sangat mempermudah pengguna karena tidak harus memilih antara sim card kedua atau memory card, tetapi semuanya dapat dimasukkan ke dalam smartphone ini.

2. Layar

Layar yang kali ini sangat ditonjolkan dan menjadi salah satu key selling point Vivo V9 ternyata mendapat ubahan yang cukup banyak. Vivo V9 kini dipersenjatai dengan layar beresolusi FHD+ (2280 x 1080 pixels) ditunjang dengan aspect ratio yang sangat luas, yaitu 19 : 9. Dengan aspect ratio yang besar, maka  Anda akan semakin dimanjakan dalam melihat kesuluruhan konten yang tertampil di layar. Poni di layar bagian atas yang merupakan tren smartphone kekinian turut ditanamkan Vivo pada smartphone ini.

Kami rasa layar Vivo V9 sangat baik dan sangat gonjreng. Warna tertampil sangat menarik dan terang, sehingga kalian tidak perlu khawatir apabila kamu sering menggunakannya di luar ruangan.

 

3. Fitur

Terdapat fitur unik dan menarik yang disematkan pada Vivo V9, yaitu eye protection. Fitur ini bekerja seperti blue light filter yang akan membuat layar mengeliminasi spektrum warna biru dan ungu yang akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat. Hal ini dirasa sangat penting dimiliki oleh smartphone, apalagi keseharian Anda akan selalu bersama smartphone.

Untuk urusan dapur pacu, smartphone ini dibekali dengan cip prosesor keluaran Qualcomm, yaitu Snapdragon 450 1.8 GHz yang dibekali dengan 8 inti otak yang pastinya sangat menunjang aktivitas kamu sehari – hari. Setelah mencicipi smartphone ini secara singkat, bisa dibilang performanya baik khas smartphone lain di rentang 3 jutaan. Perpindahan antar aplikasi cukup fluid serta responsive. Hal ini turut didukung oleh RAM sebesar 4 GB yang sangat cukup untuk penggunaan smartphone masa kini. Vivo V9 sudah didukung oleh sistem operasi Android terbaru, yaitu Android Oreo 8.1.0 yang telah dikustomisasi oleh Vivo dengan Funtouch OS versi 4. Ketika erafone.com mencoba melakukan benchmark Antutu pada smartphone ini, maka hasil yang didapatkan adalah sebesar 77 ribu yang dirasa masih cukup baik untuk mendukung aktivitas kita sehari – hari. 

Terdapat beberapa fitur unik lain yang disematkan pada Vivo V9, seperti Game ModeGame KeyboardMotorbike ModeSmart Gesture, dan masih banyak yang lainnya. Untuk Anda yang senang bermain game di handphone, maka fitur Game Mode dan Game Keyboard akan sangat diperlukan. Ketika Anda sedang bermain game, maka notifikasi yang datang tidak akan tertampil menginterupsi jalannya permainan yang sedang Anda mainkan. Selain itu, pengendara motor akan semakin dimanjakan dan dibuat sangat aman, karena ada fitur Motorbike Mode yang dapat menolak telepon secara otomatis ketika Anda sedang berkendara. Apabila Anda ingin menerima telepon, maka Vivo V9 akan mendeteksi apakah Anda telah berhenti berkendara, apabila sudah maka setelah itu Anda baru bisa menerima panggilan yang masuk.

Untuk smart gesture sendiri, smartphone ini banyak mengenali gerakan yang akan membuat pengalaman penggunaan smartphone ini menjadi lebih asik. Bila ada men-swipe dari bawah ke atas, maka layar smartphone akan menyala. Bila anda men-swipe dari atas ke bawah, maka kamera akan langsung aktif dan siap menangkap semua momen indah Anda. Bila Anda mengguratkan simbol "@" pada layar, maka fitur e-mail akan langsung aktif. Begitu pula bila Anda mengguratkan huruf “f” pada layar, maka aplikasi facebook akan langsung terbuka. Selain itu, masih banyak gesture lainnya yang dapat kamu coba. Terdapat 2 mode tombol navigasinya, yaitu mode sentuh dan mode swipe yang dapat disesuaikan dengan pilihan Anda.

 

4. Kamera

Kamera merupakan sektor yang sangat penting apalagi untuk masyarakat Indonesia khususnya masa kini. Masyarakat Indonesia sangat gemar sekali dengan yang namanya nongki – nongki atau ngumpul – ngumpul bersama keluarga, sahabat, dan teman. Pastinya kalau ada acara ngumpul – ngumpul, mengabadikan momen dalam foto merupakan hal yang tidak terlupakan lagi. Vivo V9 dipersenjatai dengan kamera depan beresolusi 24 MP dengan bukaan aperture  f/2.0 yang kini dilengkapi dengan AI Beauty (Artificial Intelligence) yang akan mendeteksi setiap wajah dalam scene dan membuat efek yang ditambahkan lebih sesuai dengan karakteristik wajah yang ada.

Untuk kamera belakangnya, perdana pada smartphone VivoV9 membawa kamera ganda pada bagian belakangnya. Dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan 2 MP dengan bukaan aperture  f/2.2, pastinya hasil kameranya tidak akan mengecewakan. Dalam rentang smartphone seharga 3 jutaan, rasanya Vivo V9 merupakan smartphone pertama yang membawa kamera ganda dan ini menjadi salah satu keunggulan dibandingkan smartphone lain.

Fitur AR Sticker menjadi fitur baru yang unik, karena kamera akan mendeteksi wajah kamu dan langsung menambahkan stiker – stiker hewan seperti kelinci, kucing, anjing, atau yang lainnya yang dapat kamu foto atau rekam dan langsung kamu share ke teman – temanmu. Terdapat beberapa mode foto yang ada, seperti mode professional yang kamu dapat atur sendiri beberapa variabelnya, mode panorama yang biasa digunakan untuk mengabadikan foto landscape, mode face beauty, mode take photo yang didalamnya ada mode portrait bokeh dan live photo.

Ada juga fitur Ultra HD yang akan menggabungkan 4 foto dalam 1 kali sentuh shutter, sehinga resolusi foto menjadi 52 MP. Dari hasil fotonya, detail foto Ultra HD lebih baik daripada mode foto biasa. Dapat dilihat pada gambar, tulisan "MEAT ME", dinding bata merah, dan pilar - pilar hitamnya terlihat lebih jelas. Inilah salah satu keunggulan mengabadikan momen Anda dengan menggunakan mode ini.

Untuk portrait bokeh, rasanya ini merupakan fitur wajib yang ada di smartphone kekinian. Karena foto objek dengan latar belakang yang blur sedang digemari oleh semua orang. Untuk fitur live photo juga cukup menarik, karena kamera akan mengambil foto beberapa saat sebelum shutter disentuh dan beberapa saat setelah shutter disentuh yang dapat dibagikan dalam format gambar maupun video.

Dari hasil pengujian erafone.com, foto yang dihasilkan oleh Vivo V9 terbilang cukup baik. Dalam kondisi yang cahanya melimpah, V9 tidak memiliki kendala dalam menghasilkan foto yang baik. Warna dan kontras foto yang dihasilkan cukup baik dan natural. Bila Anda mengaktifkan mode HDR, foto akan berubah menjadi sangat kontras. Namun, bila dilihat objek awan lebih terlihat dan foto berubah menjadi lebih dramatis. Sayangnya untuk foto dalam kondisi yang kurang cahaya, V9 akan menghasilkan foto yang cenderung memiliki banyak noise. Untuk mode portrait mode hasil yang didapat cukup baik, objek tertampil cukup fokus, edge detection-nya cukup rapi, dan efek blur pada latar belakangnya baik.

Hasil foto selfie tidak perlu diragukan lagi, V9 sama dengan beberapa seri Vivo sebelumnya yang terkenal dengan hasil foto selfie-nya yang bagus. Kali ini, kemampuan kamera depannya bahkan dikombinasikan dengan kecerdasan buatan yang membuat hasil fotonya menjadi lebih baik lagi. Berikut adalah hasil foto - foto dari Vivo V9

Seperti pada smartphone Vivo sebelumnya, Fingerprint dan face recognition dapat digunakan untuk membuka V9. Performa fingerprint-nya sangat baik dan cepat dalam membuat V9. Untuk face recognition-nya sendiri cepat dan tidak ada kendala dalam penggunaanya. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3260 mAh, V9 mampu bertahan selama satu hari dengan penggunaan yang normal.

 

5. Kesimpulan

Setelah menghabiskan waktu beberapa saat dengan Vivo V9, erafone.com menarik kesimpulan untuk smartphone ini. Bagi Anda yang mengedepankan desain kekinian sebuah smartphone, sepertinya Anda harus segera menukarkan smartphone lama Anda dan menukarkannya pada Vivo V9. Layarnya yang gonjreng dan hasil kamera yang tidak perlu diragukan lagi merupakan nilai tambah dari smartphone ini. Sudah siap untuk meminang smartphone Vivo yang satu ini??? Ayo segera lakukkan pre order Vivo V9 hanya di erafone.com!!!

 

Jangan lupa untuk dapatkan Vivo V9 hanya di erafone.com!!!

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.