Nokia 6 Bukan Lagi Smartphone Entry Level

Kamis, 01 Maret 2018

Untuk pencinta smarphone keluaran dari pabrikan Finlandia kini boleh berbangga hati, pasalnya Nokia baru saja meluncurkan versi terbaru dari Nokia 6 yang menjadi kebanggan perusahaan kenamaan ini. Sebagai salah satu brand senior di kelas ponsel, Nokia resmi meluncurkan smartphone Nokia 6 yang bukan lagi dianggap sebagai ponsel entry level. Versi terbaru dari smartphone ini mengalami sejumlah pembaruan jeroan. Hal ini membuat Nokia 6 siap untuk dilemparkan ke pasar gadget.

Perubahan yang sangat terlihat jelas pada generasi kedua dari Nokia 6 ini, terletak pada desainnya. Terdapat tambahan kombinasi warna pada metal frame dari smartphone ini. Versi warna hitam dikombinasikan dengan highlight warna tembaga yang terkesan eksklusif, serta versi warna putih diberikan sentuhan warna rose gold yang sangat elegan.

Baca juga : Menjajal Xiaomi Mi Band 2

Demikian pula dengan kameranya yang ditempatkan ditengah secara vertikal dilengkapi body berwarna mengkilap. Tombol kapasitif yang berada di bawah layar IPS HD 5,5 inci dihilangkan, dengan merelokasi pembaca sidik jari yang sekarang berada di bagian belakang dalam bentuk melingkar.

Untuk urusan dapur pacunya, kini Nokia 6 2018 menggunakan cip prosesor keluaran dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 630  dan dipadukan dengan RAM LPDDR4 yang diklaim lebih cepat untuk menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Pada versi 2018, kini Nokia 6 menggunakan soket USB-C. Sebelumnya, Nokia 6 menggunakan Snapdragon 430 dan soket micro-USB.

Spesifikasi lainnya tetap sama, terutama untuk urusan kamera. Nokia 6 2018 juga tetap menggunakan lensa buatan dari Carl-Zeiss. Kamera utama yang berada di bagian belakang smartphone beresolusi 16 megapiksel dengan bukaan aperture f/2.0 dengan sensor sebesar 1 µm plus dual LED. Untuk kamera depannya, Nokia 6 2018 menggunakan resolusi 8 megapiksel dengan bukaan aperture f/2.0 dengan sensor sebesar 1.12 µm.

"Kamera selfie dari Nokia 6 2018 memiliki tangkapan sudut yang lebar sebesar 84 derajat, sehingga smartphone ini sangat cocok digunakan untuk mengabadikan foto bersama dengan teman - teman", ucap Nokia (05/01/2018). Terdapat satu fitur unik yang diturunkan dari Nokia 8, yaitu "Dual-Sight" alias “Bothie” mode yang dapat mengambil gambar secara simultan dengan menggunakan kamera depan dan kamera belakang dari Nokia 6 2018 ini.

Nokia 6 2018 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh, radio LTE Cat. 4, slot SIM ganda hybrid dan perluasan penyimpanan melalui kartu microSD (meskipun akan mengambil slot pada SIM kedua).

Dengan harga jual yang sangat kompetitif, diperkirakan Nokia 6 2018 ini akan lebih diminati daripada generasi sebelumnya. Untuk harga jual versi 4GB/64GB dipatok 1.699 yuan atau sekitar USD 260, sedangkan untuk varian 32GB harga jualnya dipatok di 1.499 yuan atau sekitar USD230.

Belum ada kabar kapan model pembaharuan dari Nokia 6 ini akan tiba di pasar Indonesia. Namun untuk saat ini, masyarakat di China sudah dapat memesannya pada saat peluncuran pada tanggal 10 Januari mendatang. Sepertinya masyarakat Indonesia masih harus sabar untuk menunggu kedatangan Nokia 6 2018 ini. 

Bila anda tidak ingin menunggu kedatangan dari Nokia 6 2018 ini, silahkan klik disini...

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.