Tips Supaya Foto Makanan Yang Diupload Di Instagram Semakin Kece!!

Jumat, 02 Maret 2018

Hi Erafoners - Ini dia beberapa tips buat kamu yang suka banget foto-foto makanan buat diupload di Instagram. Pada zaman now, sudah pasti ada hal yang wajib dilakukkan saat lagi makan di restoran atau mungkin waktu lagi masak di rumah, yaitu memandang betapa indahnya makanan yang tersaji di atas meja. Nah keindahan itu pastinya tidak boleh disia-siakan, maka hal selanjutnya yang biasa kamu lakukan adalah mengabadikannya dalam jepret kamera. Mungkin ada juga orang yang akan langsung memakannya, tapi ada juga sebagian besa orang yang malah mengeluarkan smartphone mereka, memotret makanan yang ada di meja, kemudian mengunggahnya di akun Instagram mereka.

Kebiasaan tersebut memang makin sering dilakukan banyak orang dan saat ini sudah dianggap menjadi hal yang lumrah, apalagi hal ini didukung dengan adanya kamera smartphone yang semakin hari semakin bagus hasilnya. Selain itu, fakta lain menunjukkan bahwa foto-foto yang bertema makanan selalu disukai oleh hampir setiap orang.

Namun sayangnya, tidak semua orang pandai dalam mengambil foto makanan. Bahkan ada beberapa foto yang hasilnya nge-blur, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bagus dan kurang pantas diunggah ke dalam akun Instagram mereka. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam seni food photography atau foto makanan? Dilansir dari Cottercrunch.com, berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan agar foto makanan tampak indah dan menggugah selera!

 

1. Temukan Cahaya yang Terbaik

Cahaya sangat berperan penting dalam menghasilkan foto terbaik, apalagi cahaya yang alami adalah cahaya yang dihasilkan oleh matahari. Oleh karena itu pencahayaan natural selalu menghasilkan warna foto yang lebih baik dibandingkan pencahayaan menggunakan lampu sorot. Hal ini akan menjadi masalah ketika kamu tidak memiliki cukup waktu dan ruang untuk menggunakan alat pendukung untuk mencahayai objek. Jika kamu mengambil gambar dalam keadaan minim cahaya, gunakan cahaya pendukung yang lebih lembut sehingga tampak lebih indah. Gunakan pencahayaan ruang yang cukup mendukung dalam urusan pencahayaan ini.

 

2. Gunakanlah Bahan Pelengkap yang Ceria!

Kamu bisa menggunakan benda-benda (property) yang ada disekitarmu, mulai dari kitchen towels, rempah-rempah, vas bunga, dan barang-barang pelengkap lainnya. Penggunaan benda-benda pendukung ini bisa memberikan warna tersendiri sehingga foto makananmu tidak tampak monoton dan memberikan kesan ceria.

Coba kamu bandingkan kalau memotret makanannya saja, tentu hasilnya jauh lebih dan indah kalau kamu menambahkan pelengkap-pelengkap lainnya, bukan?

 

Baca juga : Tips Menghemat Baterai saat Bermain Games

 

3. Jangan Takut Untuk Memotret Sambil Berdiri

Supaya hasil foto dari semua makanan yang dipesan dapat diabadikan dengan maksimal, jangan takut untuk berdiri bahkan naik ke atas kursi ketika berada di restoran bila memungkinkan. Apalagi kalau restoran tempatmu makan memiliki cahaya alami yang bagus dan menyajikan makanannya pada piring-piring putih nan cantik dan elegan, tentu saja foto yang dihasilkan benar-benar sebanding dengan apa yang dilakukan. Hal yang bisa kamu lakukan ini akan memberikan efek pada gambar full (penuh) yang bisa merepresentasikan makanan lebih baik daripada hanya mengambil gambarnya dari arah samping saja.

 

4. Selalu Ingat Komposisi Rule of Thirds

Hal lain yang harus kita ingat saat mengabadikan foto makanan adalah objek foto makanan tak harus selalu berada di tengah frame. Kalau kamu menginginkan foto makanan yang dihasilkan natural, ada baiknya kamu menggunakan komposisi Rule of Thirds. Komposisi yang dimaksud adalah untuk memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal. Untungnya beberapa kamera smartphone dilengkapi dengan pengaturan yang akan menempatkan garis-garis untuk memudahkanmu melihat komposisi terbaik saat mengambil foto makanan.

 

5. Kunci Fokusmu dan Pastikan Tanganmu Stabil tak Bergetar

Semakin stabil tangan kita saat memegang smartphone, maka semakin bagus foto makanan yang akan dihasilkan. Usahakanlah agar selalu tenang saat memegang smartphone saat mengambil foto. Kemudian, usahakan untuk tidak banyak bergerak dan gemetar saat kamu mengabadikan foto makanan. Hal ini dilakukkan supaya hasil foto tidak blur dan focus terbaiklah yang kamu dapatkan.

 

Itu dia beberapa tips khusus untuk kamu yang hobi banget mengambil foto makanan. Tidak menutup kemungkinan tips ini dapat kamu gunakan untuk menghasilkan foto terbaik yang dapat kamu jual bahkan dapat kamu komersilkan bagi pengusaha bidang kuliner nih. Namun, kamu juga perlu memastikan kamera smartphone yang kamu gunakan dapat mendukung kegiatan ini.

 

Ingin melihat tipe smartphone yang cocok digunakan untuk foto makanan, silahkan klik disini...

Copyright © 2018 Erafone.com. All rights reserved.